Senin, 28 November 2011

Asal Usul Desa Gebang


Pangeran Wirasuta adalah putra Pangeran Pasarean, Putra mahkota kesultanan Cirebon. Menjelang usia tua, Pangeran Wirasuta menetap disekitar pantai Laut Jawa bersama putranya yang gagah dan cakap bernama Suta bergelar Pangeran Sutajaya Wira Upas.
Pangeran Sutajaya mendapat tugas dari Sultan Cirebon untuk membabad alas roban, hutan yang terkenal sangat angker karena banyak dedemitnya. Pelaksanaan tugas tersebut dibantu oleh pusakanya yaitu sebuah keris yang bernama Setan Kober dan dibantu pawongan dari bangsa jin yang bernama si Lorod. Konon si Lorod bukan tunduk kepada Pangeran Sutajaya, tetapi taku kepada pusaka keris Setan Kober.
Setelah selesai meleksanakan tugas membabad alas roban, Pangeran Sutajaya diberi hadiah Sultan berupa tanah. Tanah tersebut banyak ditumbuhi pohon gebang. Sesuai dengan cita-cita ramandanya yang ingin menyebarluaskan agama Islam di Cirebon bagian Timur, tanah itu dijadikan pedukuhan yang diberi nama GEBANG.
Cita-cita ayahandanya terlaksana, Gebang menjadi sangat terkenal kemana-mana dan terus berkembang terutama kea rah bagian selatan sehingga sampai ke daerah Ciawi – Kuningan, sehingga kemudian Ciawi disebut Ciawigebang.
Pada masa keemasannya, Pangeran Sutajaya dapat membuat sebuah keratin yang keberadaannya dapat menandingi Keraton Kesultanan Cirebon yang dibangun Pangeran Cakrabuana, bahkan pamornya lebih berwibawa. Keraton yang diberi nama Gebang Larang tersebut akhirnya di rubuhkan kembali setelah Sultan Cirebon bertandang ke Gebang atas laporan Pangeran Kesuma putra Pangeran Losari. Peristiwa tersebut terjadi kira-kira pada abad ke 16. Sejak saat itulah diwilayah Cirebon dilarang membangun keratin selain Keraton Kesultanan Cirebon. Oleh Karena itu di Gebang hanya ada kefamilian saja bukan suatu kesultanan.
Sisilah kefamilian Gebang sebagai berikut :
-         Pangeran Sutajaya Wira Upas
-         Pangeran Sutajaya Seda Ing Demung
-         Pangeran Sutajaya Nata Manggala
-         Pangeran Sutajaya Tambak
-         Pangeran Sutajaya Dalem Grogol
-         Pangeran Sutajaya Dalem Kebon
-         Pangeran Sutajaya Dalem Anom
-         Pangeran Sutajaya Akhir
Desa-desa yang ada di daerah pantai utara Kecamatan Babakan semula asalnya dari suatu pedukuhan Gebang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar